Filsafat Pendidikan Pancasila
ABSTRAK
Secara filosofis, bahwa aktivitas pendidikan
berfungsi membina kesadaran akan
nilai-nilai filosofis negara. Kesadaran moral dan sikap mental yang menjadi kriteria manusia ideal dalam sistem nilai
suatu bangsa bersumber pada ajaran filsafat bangsa dan negara yang dianutnya.
Dengan demikian, pendidikan bukanlah usaha aktivitas spekulatif semata-mata.
Pendidikan dilaksanakan
secara fundamental
didasarkan atas asas filosofis dalam menentukan arah atau pencapaian tujuan dalam membina perkembangan
anak didik.
Kata kunci : pancasila, filsafat, ideologi, bangsa
Latar Belakang Masalah
Dalam mempelajari filsafat pendidikan
Pancasila yang kita pelajari yaitu filsafat pendidikan Pancasila melalui pedeketan sejarah dimaksud
dapat mengetaui berbagai peristiwa
asal mulanya filsafat pendidikan pancasila di bentuk yang terjadi dari waktu ke waktu mengenai tanah air Indonesia
kita,peristiwa – peristiwa yang saya maksud adalah yang ada sangkut pautnya dengan pendidikan
Pancasila.Mengingat hal tersebut kita harus dapat mewujudkan Indonesia menjadi Negara yang berpikir akan
pentingnya pendidikan itu.
Rumusan Masalah
Dalam pembuatan karya tulis tersebut dapat
dirumusakan sebagai berikut : pengertian
Filsafat, guna filsafat, dan fungsi filsafat, masalah yang di bahas dalam karya tulis ini untuk lebih terarah dan tidak
terlalu jauh maka membatasi masalahnya hanya pada arti fungsi dan guna filsafat pendidikan
Pancasila
Pembahasan
A.Pengertian Filsafat
Pengertian menurut arti katanya, kata filsafat
dalam Bahasa Indonesia berasal
dari bahasa Yunani terdiri dari kata Philein artinya Cinta dan Sophia artinya Kebijaksanaan. Filsafat berarti Cinta
Kebijaksanaan, cinta artinya hasrat yang
besar atau yang berkobar-kobar atau yang sungguh-sungguh. Kebijaksanaan artinya Kebenaran sejati atau
kebenaran yang sesungguhnya. Filsafat
berarti Hasrat atau Keinginan yang sungguh-sungguh akan kebenaran sejati.
Pancasila sebagai filsafat mengandung
pandangan, nilai, dan pemikiran yang
dapat menjadi substansi dan isi
pembentukan ideologi Pancasila.Filsafat Pancasila dapat didefinisikan secara ringkas
sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila sebagai dasar negara dan
kenyataan budaya bangsa, dengan tujuan
untuk mendapatkan pokok-pokok pengertiannya yang mendasar dan menyeluruh.Pancasila dikatakan sebahai filsafat, karena
Pancasila merupakan hasil permenungan
jiwa yang mendalam yang dilakukan oleh the faounding father kita, yang dituangkan dalam suatu sistem (Ruslan
Abdul Gani).Filsafat Pancasila memberi
pengetahuan dan penngertian ilmiah yaitu tentang hakikat dari Pancasila (Notonagoro).
B.Fungsi Filsafat
1. Mengembangkan dan melestarikan nilai dan
moral pancasila secara dinamis dan
terbuka.
2. Mengembangkan dan membuka manusia Indonesia
yang dasar politik, konstitusi, dan
negara kesatuan UUD ‘45
3. Membina dan memahami kesadaran terhadap
lingkungan antara warga Negara dan
negara
C.Kegunaan Filsafat
Filsafat Pendidikan Pancasila mempunyai
kegunaan sebagai berikut
a. Melatih diri untuk berpikir rasional dan
irasional
b. Menambah pandangan dan cakrawala yang lebih
luas agar tidak berfikir bersifat
sempit dan tertutup
c. Melatih diri melakukan penelitian,
pengkajian dan memutuskan atau mengabil kesimpulan mengenai suatu hal secara mendalam
dan komprehensif
d. Membuat diri menjadi manusia yang penuh
toleransi dan tenggang rasa
e. Menyadari akan kedudukan manusia baik
sebagai pribadi maupun hubungan
dengan orang lain,alam sekitar dan Tuhan YME
A. Kesimpulan
Setelah saya menulis semua itu saya dapat menyimpulkan
sebagai berikut: Bahwa unsur –
unsur filsafat pendidikan Pancasila memang telah di miliki dan di jalankan oleh bangsa Indonesia sejak
dahulu.Karena dengan bukti – bukti sejarah
yang beraneka ragam.Demikian pula ada unsur – unsur yang di suatu daerah lebih menonjol dari daerah lain
misalnya tampak pada perjuangan bangsa Indonesia
dengan peralatan yang sederhana serta tampak pada bangunan,tulisan dan perbuatan yang ada.
B. Saran
Pendidikan didalam Negara ini ditingkatkan
lagi dengan cara memberikan pendidikan
lebih mendalam dalam artian lebih diutamakan agar anak – anak bangsa menjadi pintar dan dapat melanjutkan
generasi berikutnya yang dapat menjadikan
bangsa ini menjadi lebih berkembang atau maju.adapun caranya dengan membagi buku gratis atau pun pendidikan
gratis buat rakyat kurang mampu.
Referensi
1. Mawardi, Filsafat Pendidikan Pancasila
abstrak,Sekolah Pasca Sarjana Universitas
Pendidikan Indonesia
2. Notonegoro,Pancasila Dasar Filsafat Negara
RI I.II.III
3.
Henipujiarti 2010,Fungsi Filsafat Pendidikan PancasilaFilsafat Pendidikan
Pancasila
Tidak ada komentar:
Posting Komentar